Jambu air adalah buah yang sangat mudah dijumpai di Indonesia. Kali ini tukangtamanasri.com akan memberikan tips dan trik bagi Anda yang tertarik untuk menanamnya.

Sebenarnya, cara menanam pohon jambu air agar cepat berbuah hampir sama dengan cara menanam buah pada umumnya. Hanya saja perlu ada beberapa yang diperhatikan dalam cara merawatnya. Dan berikut caranya :

1). Siapkan bibit pohon jambu

Sudah jadi keharusan untuk menyiapkan bibit bila Anda ingin menanamnya. Untuk urusan bibit, jangan ambil bibit yang terlalu kecil, karena akan mempengaruhi pertumbuhan. Pilihlah bibit yang sudah diproses melalui cangkok yang bisa mempercepat proses pertumbuhanya.

2). Siapkan lahan

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan setelah mendapatkan bibit tnaman ialah menanam. Siapkan lahan terlebih dahulu. Bila Anda tidak memiliki lahan yang cukup, bisa dengan memilih alternatif lain dengan menanamya dipot masukkan tanah separuhnya saja. Letakkan bibit tanaman dan  tutupi permukaan atasnya dengan tanah. Campurkan pupuk dan siram dengan air.

3). Pemupukan

Setelah ditanam, untuk merawat jambu air agar cepat berbuah ialah dengan memberikan pupuk. Berikan pupuk pada saat 3 bulan setelah masa tanam dan dilakukan kembali pemupukkan setelah 3 bulan sekali.

4). Penyiraman

Penyiraman dilakukan dengan benar. Pada saat msim kemarau maka Anda perlu menyirami lebih dari biasanya namun jangan sampai berlebihan.

5). Perontokan dan penyemprotan ZPT

Perontokan dan penyemprotan dilakukan untuk meangsang agar jambu air cepat berbuah. Perontokan dapat dilakukan cara membuang daun pada ranting pohon. Daun yang disisakan hanya empat lembar saja pada tiap pucuknya. Sedangkan penyemprotan ZPT dapat dilakukan setelah pemupukan lanjutan pertama selang selama 2 minggu sekali.

 

Semoga Bermanfaat 🙂