Bunga kamboja (Plumeria Acuminata Ait), Kemboja atau semboja merupakan sekelompok tumbuhan dalam marga Plumeria. Bentuknya berupa pohon kecil dengan daun jarang namun tebal. Bunganya yang harum sangat khas, dengan mahkota berwarna putih hingga merah keunguan, biasanya lima helai. Bunga dengan empat atau enam helai mahkota bunga oleh masyarakat tertentu dianggap memiliki kekuatan gaib.

Tumbuhan ini berasal dari Amerika Tengah. Nama Plumeria diberikan untuk menghormati Charles Plumier (1646-1706), pakar botani asal Perancis. Walaupun berasal dari tempat yang jauh, kemboja sekarang merupakan pohon yang sangat populer di Pulau Bali karena ditanam di hampir setiap pura serta sudut kampung, dan memiliki fungsi penting dalam kebudayaan setempat. Di beberapa tempat di Nusantara, termasuk Malaya, kemboja ditanam di pekuburan sebagai tumbuhan peneduh dan penanda tempat. Kemboja dapat diperbanyak dengan mudah, melalui stek batang.

Sejak kapan keberadaannya di Indonesia sampai saat ini belum diketahui tepatnya. Tetapi, bunga kamboja diprediksi pertama kali dibawa ke Indonesia oleh bangsa Portugis dan Belanda yang dimana keduanya merupakan bangsa yang perhatian terhadap lingkungan dan sangat menyenangi alam tropis. Namun cara menanam bunga kamboja yang dulu berlum banyak seperti sekarang.

Diprediksi kamboja asli Indonesia yaitu bunga kamboja yang warnanya putih dengan bagian dalam berwarna kuning, dengan kuntum yang tidak terbuka penuh dan berukuran kecil.

Cara Merawar Tanaman Bunga Kamboja , yaitu :

Kamboja bukan pohon yang susah dalam segi perawatannya. Low maintenance patut disandang oleh jenis pohon ini. Karakter flora ini dapat dikatakan tahan banting. Tanaman ini tidak membutuhkan terlalu banyak campur tangan manusia sejak ditanam sampai mencapai ketinggian 4-5 meter.

Sebaiknya pohon ini ditanam dengan intensitas sinar matahari langsung. Daunnya juga tidak gampang rontok, cuma saja bunga yang telah tua tentu akan jatuh dengan sendirinya. Ia juga memerlukan jenis media tanam yang porus.

Pohon kamboja, walaupun secara teoritis merupakan tumbuhan dataran rendah, ternyata bisa tumbuh dengan subur dimana saja. Meskipun mudah dirawat, pohon ini juga mempunyai masalah dengan serangan hama.

 

SEMOGA BERMANFAAT