Lidah buaya atau dapat dikenal dengan nama Aloe Vera merupakan salah satu jenis tanaman hias yang dapat dibudidayakan menjadi tanaman herbal yang kaya akan manfaat. Lidah buaya merupakan tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di iklim yang kering sekalipun. Tanaman yang berasal dari Afrika ini bisa ditanam dimana saja dengan perawatan yang sederhana.

Tanaman lidah buaya ini juga perlu diwaspadai dalam pertumbuhanya. Perubahan warna pada daun sampai daun yang rontok merupakan masalah yang biasanya disebabkan oleh drainase yang tidak tepat atau bisa juga karena cuaca ekstrim seperti intensitas cahaya matahari dan air hujan.

Untuk mengatasi agar tanaman lidah buaya todak dapat bertumbuh dengan baik, kali ini tukangtamanasri.com akan membagi tips cara merawat tanaman lidah buaya. Berikut tipsnya :

1). Gunakan tanah kering

Gunakan tanah yang kering untuk menanam lidah buaya. Akan tetapi lebih baik jika Anda mencampur tanah dengan pasir, batu apung atau perlit. Kemudian berikan pupuk agar tanaman tumbuh subur.

2). Penyiraman

Dalam menyiram, jangan terlalu banyak pada tanaman lidah buaya. Penyiraman yang berlebih beresiko dapat menyebabkan tanaman lidah buaya menjadi busik. Cukup menyiramnya satu hari satu kali atau jika tanah terlihat sudah kering pada tanaman tersebut.

3). Intensitas cahaya matahari

Tanaman lidah buaya merupakan tanaman yang biasa tumbuh di area indoor maupun outdoor selama mendapatkan cahaya matahariyang cukup. Pada tanaman lidah buaya mendapatkan cahaya matahari yang sangat kuat dapat merusak daun. Paparan cahaya matahari langsung bisa membuat daun bersisik dan berubah warna menjadi oranye.

4). Ganti pot

Pilihlah pot yang lebar dan dalam bentuk mengakomodasi pertumbuhan daun dan tunas lidah buaya. Lidah buaya yang sehat memiliki banyak tunas. Nah, jika pot sudah tidak mencukupi lagi, segera ganti pot. Jangan sampai tunas baru tumbuh lewat dari 10 cm, karena akn menyedot energi dari pohon induk.

 

SEMOGA BERMANFAAT 🙂 

Untuk pemesanan, silahkan hubungi kontak yang ada.