Manfaat dari tanaman pucuk merah biasanya digunakan sebagai tanaman hias karena keunikan serta keindahanya. Tanaman pucuk merah atau dalam bahasa ilmiahnya syzygium oleana adalah jenis tanaman perdu yang saat ini cukup popular, walaupun lebih popular anthurium.

Keistimewaan dari tanaman pucuk merah adalah pada ujung daun mudanya yang berwarna oranye dan merah yang membuatnya dikenal/disebut sebagai tanaman pucuk merah. Daun yang berwarna merah membuatnya seperti bunga diantara dedaunan.

Tanaman pucuk merah dapat tumbuh dengan indah apabila cahaya matahari cukup sehingga warna pada tunas akan tetap berwarna merah dan tajuk tanaman akan terjaga. Untuk menjaga keindahanya Anda dapat melakukan pemotesan pada bagian ujungnya dua minggu sekali. Jika warna daun pada bagian pucuk telah memudar, Anda dapat memangkasnya menggunakan gunting.

Jika Anda menanam tanaman ini di pot dan ingin mengatur warnanya, Anda membutuhkan sinar matahari. Dan sinar matahari yang paling baik adalah pada pagi hari.

Anda dapat melakukan pemangkasan tanaman 2 hingga 3 bulan sekali. Selain Pemangkasan hal lain yang perlu diperhatikan adalah pemberian pupuk. Umtuk pemberian pupuk idealnya 2 hingga 3 bulan sekali.

Manfaat dari Tanaman Pucuk Merah

  • Sebagai garis atau border atau pembatas, Anda dapat menggunakanya sebagai pembatas jalur hijau
  • Digunakan sebagai tanaman hias dalam pot
  • Sebagai tanaman hias bertemakan tropis
  • Tanaman pengarah

Demikian tadi beberapa cara perawatan tanaman pucuk merah sebagai tanaman hias yang dapat digunakan sebagai tanaman border dan sebagai tanaman hias bernuansa tropis. Semoga bermanfaat.