Bila kamu mempunyai bunga mawar sebagai tanaman hias di pekarangan rumah kamu, ada beberapa cara yang mesti diperhatikan supaya bunga mawar dapat terus berbunga.

Bagi anda yang menyukai tanaman hias pasti punya keinginan untuk mencari gambar bunga mawar dan ingin menanam bunga mawar di pekarangan rumah anda. Masalahnya adalah jika anda sudah punya bunga mawar, apa yang harus dilakukan untuk menjaga keindahan bunga tersebut agar tidak cepat mati.

Berikut tips cara merawat tanaman bunga mawar :

1). Penyiraman

Jangan lupa menyiram sebanyak 2 kali (pagi dan sore) dalam sehari. Kalau cuaca sedang dingin (musim hujan) maka penyiraman dilakukan sekali (pada waktu pagi) dalam sehari setiap harinya. Jika musim hujan berlangsung intens, penyiraman bisa dihentikan, karena sudah digantikan oleh air hujan langsung. Namun esoknya, semprot saja secara halus pada daun mawarnya.

2). Sinar matahari

Tanaman mawar harus ditempatkan di tempat yan terkena sinar matahari sepanjang hari. Hal ini berguna dalam proses forosintesisnya agar dapat terlaksana dengan baik.

3). Pemberian pupuk

Jangan lupa untuk memberikan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan mawar tersebut. Nutrisi bagi tanaman yaitu berupa pupuk. Pupuk yang baik dan menyuburkan adalah pupuk kandang  yang dihasilkan dari kotoran hewan. Jika kamu kesulitan mendapatkan pupuk jenis kandang, maka kamu bisa menggunakan pupuk NPK (pupuk buatan) yang mengandung unsur hara utama yakni nitrogen.

4). Penyemprotan

Tentunya jika sudah terserang hama, pertumbungan mawar akan terhambat dan akhirnya mati. Anda bisa melakukan penyemprotan minimal sebulan sekali. Jangan lupa untuk membersihkan tanaman liar yang tumbuh di sekitar bunga mawar.

5). Pangkas daun dan ranting

Pangkaslah daun maupun ranting mawar yang mulai mengering. Jika memotong dengan gunting, maka pastikan gunting bunga tersebut harus tajam. Jangan lupa juga untuk tidak memotong dengan teknik serong. Namun gunting biasa secara lurus.

Itulah beberapa tips umtuk merawat tanaman bunga mawar. Semoga bermanfaat.